Mobil Mewah

Rabu, 05 Mei 2010

Rolls Royce mobil
Pada tahun 1884, Frederick Henry Royce memulai usaha di bidang listrik dan mekanik. Ia kemudian menciptakan mobil pertamanya pada tahun 1904 di kota Manchester, Inggris yang dinamai “Royce”. Tak lama setelah itu, ia berjumpa dengan Charles Stewart Rolls masih di kota yang sama. Keduanya kemudian bersepakat mendirikan sebuah pabrikan mobil yang penjualannya akan diatur oleh Rolls. Salah satu isi kesepakatannya adalah mobil yang akan diproduksi akan dinamai “Rolls-Royce”. Mereka kemudian membentuk perusahaan Rolls-Royce pada 15 Maret 1906 di Manchester, dan selanjutnya pada tahun 1908 perusahaan berpindah lokasi ke kota Derby, Inggris.

Varian mobil terkenal pertama yang dihasilkan oleh Rolls-Royce adalah seri “The Silver Ghost (1906-1925). Varian mobil yang bermesin 6-silinder ini diproduksi sebanyak 6.173 unit. Rolls-Royce kemudian membuka pabriknya yang kedua pada tahun 1921 di kota Springfield, Massachussets, AS. Hal ini dilakukan untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin membludak. Pabrik di daratan Amerika ini memproduksi seri “Springfield Ghosts” dan beroperasi selama 10 tahun hingga kemudian ditutup pada 1931. Chasis dari varian mobil inilah yang kemudian menjadi chasis dasar mobil-mobil tempur angkatan perang Inggris di Perang Dunia II.


Tahun 1931, Rolls-Royce mengakuisisi salah satu pesaingnya, Bentley, yang mengalami kesulitan keuangan akibat peristiwa krisis moneter “Great Depression”. Itulah mengapa sejak tahun tersebut sampai kini mobil-mobil Rolls-Royce dan Bentley memiliki kesamaan pada gril radiator dan detail-detail minornya.

Pabrik mobil Rolls-Royce dan Bentley kemudian berpindah ke kota Crewe, Inggris pada tahun 1946 dan selanjutnya berpindah lagi ke Mulliner Park Ward, London pada 1959. Setelah perpindahan terakhirnya ini pabrikan Rolls-Royce mulai memproduksi sendiri body kendaraannya, di mana sebelumnya mereka hanya memproduksi chasis dan mesin sedangkan pembuatan body diserahkan kepada kontraktor lain.
Saat industri otomotif di sejumlah negara kelimpungan menghadapi tekanan krisis global, Rolls Royce malah mencatat rekor kenaikan penjualan 20% atau menjadi 202 unit sepanjang 2008.

Labels:

1 komentar:

  1. Anonim says:

    what is canon ij network tool?

    Canon offers "IJ Network Tool" as a utility platform to its users. This straightforward application makes adjusting the Network Settings of your cutting-edge Printing Machine effortless. In other words, it facilitates easy access and alteration of certain parameters. This software utility tool is installed after the Canon Device has been configured for network use.

Posting Komentar